header
Portal Setjen Departemen Keuangan RI
Berita
 
Selasa, 18 Oktober 2011
INTERNALISASI NILAI-NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN DI LINGKUNGAN PUSHAKA
Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan (Pushaka) mengadakan kegiatan internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan pada tanggal 13-15 Oktober 2011 bertempat di Rumah Jambuluwuk Ciawi, Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat dan pegawai Pushaka dengan menghadirkan beberapa narasumber seperti Ibu Marina Tusin dari TASS Consulting, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Penerimaan Negara Bapak Robert Pakpahan, dan Putera Lengkong.

SESI I PEMBUKAAN DAN PENGARAHAN KEPALA PUSAT

Dalam sesi awal ini, Kepala Pushaka Rionald Silaban memberikan pengarahan kepada para peserta dengan menampilkan contoh-contoh terkait nilai-nilai positif yang harus dimiliki. Kisah Steve Jobs menjadi salah satu contoh yang disajikan dalam sesi ini. Selain itu, beliau juga mengajak para peserta untuk mengupas beberapa kata-kata bijak sebagai bagian untuk memahami mengapa Kementerian Keuangan perlu memiliki nilai-nilai yang disepakati dan diperjuangkan bersama.

SESI II NILAI-NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN

Dalam sesi ini, narasumber yang dihadirkan adalan Ibu Marina Tusin dari TASS Consulting. Ibu Marina Tusin bersama tim TASS Consulting merupakan pihak yang terlibat langsung dalam penyusunan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Beliau menjelaskan tentang perlunya nilai-nilai tertentu bagi suatu organisasi dalam pencapaian visi dan misinya, proses penyusunan nilai-nilai Kementerian Keuangan, dan maksud dari setiap nilai serta perilaku utama yang terkandung di dalamnya.

SESI III BERBAGI PENGALAMAN

Kegiatan berbagi pengalaman diisi oleh para pejabat Eselon III Pushaka. Dalam kegiatan yang berlangsung informal ini, setiap Eselon III diminta berbagi pengalaman terkait nilai tertentu. Kepala Bidang dan Program Kegiatan (Kabid) I menyampaikan pengalaman terkait Integritas, Kabid II menyampaikan pengalaman terkait Profesionalisme, Kabid III menyampaikan Sinergi. Adapun Pelayanan dan Kesempurnaan disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha.

SESI IV PENGARAHAN DARI STAF AHLI MENTERI KEUANGAN BIDANG PENERIMAAN NEGARA

Kegiatan ini sedianya akan dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan untuk memberikan arahan terkait penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Namun dalam pelaksanaan kegiatan Wakil Menteri Keuangan tidak bisa hadir dan digantikan oleh Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Penerimaan Negara Robert Pakpahan. Dalam pengarahannya, beliau menyampaikan hal-hal yang lebih mendalam mengenai nilai-nilai Kementerian Keuangan.

SESI V NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) BERSAMA PUTERA LENGKONG

Sesi kegiatan terakhir berupa NLP yang menghadirkan Putera Lengkong. Pada sesi ini penanaman nilai dilakukan dengan cara yang lebih interaktif yakni dilakukan dengan berbagai simulasi dan sugesti sehingga diperoleh pemahaman dan motivasi yang lebih baik terhadap setiap nilai-nilai Kementerian Keuangan. Dalam menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan, beliau juga menyampaikan bahwa totalitas dalam pekerjaan sangatlah penting untuk diterapkan di setiap individu maupun tim.

(Pushaka)


[ Kembali ]

>> Berita
Pusat LPSE Gelar Rapat Koordinasi Pengelola LPSE Daerah TA 2014
Sekretaris Jenderal Buka Rapat Koordinasi Pengelola LPSE Tahun 2014
Sekretaris Jenderal Lantik 97 Pejabat Eselon IV di Lingkungan Sekretariat Jenderal
 
>> Pengumuman
HIMBAUAN UNTUK TIDAK MENGGUNAKAN ANGGARAN PROGRAM SOSIALlSASI/PUBLlKASI, IKLAN/PROMOSI DAN KAMPANYE DI KEMENTERIAN KEUANGAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI/KELOMPOK
Sosialisasi Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI)
Tata Cara Pengisian SPT dengan Menggunakan Aplikasi E-Filing
 
>> Peraturan
Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor: SE-11/MK.1/2013 tentang Survei Pelaksanaan Transformasi Kelembagaan
Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-10/MK.01/2013 tentang Program Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Keuangan
 
>> Agenda
Rapat Kerja Pengadilan Pajak
Pembinaan Teknis dan Etika Peradilan oleh MA
copyright 2011 | Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal |
plug-in yang dibutuhkan Adobe Reader
Peta Situs | Hubungi KamiLegal