header
Portal Setjen Departemen Keuangan RI
Berita
 
Jumat, 07 Desember 2012
Pushaka Bahas Penyusunan Konsep PMO Transformasi Kelembagaan
Jakarta - Dalam rangka menyongsong pelaksanaan transformasi kelembagaan, Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan (Pushaka) menyelenggarakan pertemuan untuk menyusun konsep Project Management Office (PMO) pada 3-4 Desember 2012 di Jakarta. Melalui kegiatan ini, Pushaka diharapkan dapat menghasilkan konsep bentuk PMO yang akan mengawal pelaksanaan transformasi kelembagaan yang akan segera digulirkan mulai tahun 2013.

Pertemuan tersebut dihadiri perwakilan dari Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) dan narasumber yang telah memiliki pengalaman mengelola PMO, yaitu perwakilan Change Management Office (CMO) Bank Negara Indonesia (BNI) dan Kepala Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Dalam kesempatan tersebut, CMO BNI menjelaskan, pengelolaan PMO BNI disebut dengan CMO. Selanjutnya, ia menguraikan tentang struktur organisasi, lingkup pekerjaan/peranan, dan cara kerja CMO. Setelah paparan tentang PMO versi korporasi dari CMO BNI, kegiatan dilanjutkan dengan paparan tentang PMO yang pernah dilakukan di lingkungan Kementerian Keuangan yaitu Government Financial Management and Revenue Administration Project (GFMRAP) yang dipaparkan oleh Kepala Pusat LPSE, M. Hatta yang didaulat untuk membagi pengalaman beliau ketika memimpin GFMRAP.

GFMRAP merupakan sebuah program lintas struktural yang didukung oleh Bank Dunia dan berbagai badan donor multinasional yang diinisiasi oleh Pemerintah RI. Program ini diselengarakan dalam rangka implementasi paket Undang-Undang di bidang Keuangan Negara, yakni Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.
Selanjutnya, dilakukan diskusi internal Pushaka untuk membuat konsep PMO yang akan dibentuk tahun 2013 untuk mengawal pembangunan blueprint transformasi kelembagaan. Sementara, untuk mengawal implementasi blueprint pada tahun 2014 dan seterusnya, akan dibuat konsep PMO dengan alternatif bentuk tim adhoc atau bentuk struktur permanen dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.(nsh/Pushaka)
(Biro Komunikasi dan Layanan Informasi)


[ Kembali ]

>> Berita
Pusat LPSE Gelar Rapat Koordinasi Pengelola LPSE Daerah TA 2014
Sekretaris Jenderal Buka Rapat Koordinasi Pengelola LPSE Tahun 2014
Sekretaris Jenderal Lantik 97 Pejabat Eselon IV di Lingkungan Sekretariat Jenderal
 
>> Pengumuman
HIMBAUAN UNTUK TIDAK MENGGUNAKAN ANGGARAN PROGRAM SOSIALlSASI/PUBLlKASI, IKLAN/PROMOSI DAN KAMPANYE DI KEMENTERIAN KEUANGAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI/KELOMPOK
Sosialisasi Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI)
Tata Cara Pengisian SPT dengan Menggunakan Aplikasi E-Filing
 
>> Peraturan
Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor: SE-11/MK.1/2013 tentang Survei Pelaksanaan Transformasi Kelembagaan
Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-10/MK.01/2013 tentang Program Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Keuangan
 
>> Agenda
Rapat Kerja Pengadilan Pajak
Pembinaan Teknis dan Etika Peradilan oleh MA
copyright 2011 | Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal |
plug-in yang dibutuhkan Adobe Reader
Peta Situs | Hubungi KamiLegal